10 Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil

Categories: Artikel.

Harga BBM kian melambung dan tentunya menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Berikut ini 10 tips sederhana dalam menghemat BBM versi Telegraph Cars:

1.    Atur perjalanan Anda seefisien mungkin

Tahukah Anda saat mobil diparkir dalam beberapa jam, mesin mobil akan mendingin dan diperlukan bahan bakar lebih saat mesin dipanaskan? Jika dalam 1 hari, Anda harus mengunjungi 5-6 tempat, maka bisa dibayangkan berapa liter bensin yang terkuras untuk memanaskan mesin mobil. Jika memungkinkan, ubah jadwal perjalanan Anda sehingga tidak perlu mengunjungi banyak tempat di 1 hari tapi bisa dibagi ke beberapa hari ke depan, atau jika mendesak maka kendaraan umum bisa menjadi alternatif jika tempat yang Anda kunjungi tidak begitu jauh.

2.    Hindari berkendara pada jam-jam sibuk

Berkendara di jam-jam sibuk hanya membuat perjalanan Anda lebih mahal. Mengapa? Pada saat macet, mobil harus berhenti dan sering jalan dalam jarak pendek. Setiap kali mobil berhenti dan mulai memasukan gigi untuk jalan kembali, mesin akan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak untuk bergerak.

3.    Tutup jendela

Membuka jendela secara penuh, otomatis akan membuat angin masuk ke dalam mobil dan memberikan tekanan pada mobil ketika melaju. Ternyata hal ini juga mengakibatkan kendaraan butuh asupan bahan bakar lebih banyak. Lebih baik Anda membuka jendela sedikit atau menggunakan AC jika di mobil terasa panas.

4.    Jangan membawa beban yang tidak perlu

Sama halnya dengan tubuh, mobil akan membutuhkan energi ekstra untuk bergerak saat membawa beban lebih berat. Sama seperti Anda yang tidak akan menyandang ransel berat kecuali diperlukan, sebaiknya Anda tidak menaruh banyak muatan di dalam mobil kecuali memang diperlukan.

5.    Atur peningkatan laju kendaraan secara halus

Langkah tepat saat bepergian adalah atur kendaraan supaya berada pada kecepatan konstan. Idealnya sekitar 80km/jam dan pada gigi tertinggi (5 atau 6).

6.    Jangan menginjak pedal gas terlalu dalam

Bagi Anda yang mengendarai mobil dengan transmisi manual, menginjak pedal gas sepanjang jalan agar tidak perlu menurunkan gigi menjadi hal yang seringkali dilakukan. Bukannya mengurangi, hal ini justru membuat mesin mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak.

7.    Bijak dalam menggunakan AC mobil

Di Indonesia yang beriklim tropis, penggunaan AC pada saat berkendara menjadi hal yang tidak terelakkan. Baiknya saat Anda menggunakan AC, atur temperatur AC di posisi sedang supaya temperatur kabin tidak terlalu dingin. Hal ini akan membantu menghemat penggunaan bahan bakar. Atau, jika bepergian ke dataran tinggi, membuka jendela sedikit dan membiarkan hawa sejuk masuk ke dalam mobil bisa membantu.

8.    Tetap pada batas kecepatan maksimum

Jangan abaikan rambu yang menganjurkan batas kecepatan maksimum, sebab hal tersebut berpengaruh pada konsumsi bahan bakar mobil Anda. Jika melebihi batas maksimum tersebut, penggunaan bahan bakar jadi lebih boros.

9.    Periksa tekanan ban secara berkala

Semakin rendah tekanan ban, semakin banyak bahan bakar yang diperlukan mobil untuk bergerak di jalan raya. Sebelum bepergian, sisihkan waktu Anda 5 menit untuk memeriksa tekanan ban.

10.  Perhatikan perbandingan konsumsi BBM saat membeli mobil

Perbandingan konsumsi BBM adalah faktor penting saat membeli sebuah mobil. Umumnya, mobil kecil tipe city car lebih ekonomis untuk di perkotaan dan mobil besar/ mobil tipe passanger seperti MPV, SUV akan lebih ekonomis untuk bepergian ke luar kota.   Artikel ini diterjemahkan dan disadur dengan penyesuaian dari The Telegraph, ditulis oleh Steve Huntingford, editor Telegraph Cars. Sumber: http://www.telegraph.co.uk/cars/advice/ten-tips-for-how-to-save-petrol/ Gambar: http://m.energitoday.com/uploads//2014/08/spbu101.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *