Bijak Memilih Tempat Rental Mobil

Categories: Artikel.

Saat ini, tempat rental mobil dapat ditemukan dimana saja dengan beragam produk mobil dan biaya sewa yang ditawarkan. Mencari rental mobil yang sesuai bukanlah hal sulit untuk Anda lakukan.

Tips Bijak Memilih Rental Mobil

Berikut tips-tips bijak dalam memilih rental mobil:

  • Sesuaikan Jenis Mobil

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mendatangi perusahaan rental mobil adalah menentukan jenis mobil yang akan digunakan untuk perjalanan Anda. Jika hanya Anda dan keluarga kecil saja yang pergi, maka sebaiknya pilih jenis mobil MPV (Multi Purpose Vehicle).

  • Survey Harga

Agar mendapatkan harga yang sesuai dengan budget, maka sebaiknya lakukanlah survey harga dengan membandingkan harga dari empat hingga lima perusahaan rental mobil. Bandingkan setiap harga yang ditawarkan dari perusahaan tersebut.

  • Pelajari Perjanjian Sewa dengan Teliti

Setelah Anda memastikan jenis mobil yang akan Anda sewa dan menyesuaikan harganya dengan budget, maka langkah selanjutnya adalah mempelajari perjanjian sewa. Perjanjian ini akan diberikan oleh perusahaan rental yang Anda pilih. Pelajarilah beberapa hal yang menyangkut hak dan kewajiban penyewa.

Pahami juga konsekuensi dari keterlambatan pengembalian mobil, untuk mengantisipasi keadaan jalanan yang tidak dapat diprediksikan. Sebelum deal, pastikan apa saja yang sudah termasuk dalam harga tersebut.

  • Asuransi

Jika perusahaan rental mobil yang Anda pilih menerapkan biaya premi asuransi, maka tanyakan secara jelas jenis asuransi dan manfaat apa yang akan Anda peroleh. Selain itu, pastikan cakupan perlindungan tersebut untuk siapa saja, apakah untuk diri Anda sendiri atau untuk anggota keluarga lainnya.

  • Cek Kondisi Mobil

Upayakan mobil sewaan yang Anda pilih memiliki usia maksimal enam tahun. Sebab, mobil dengan usia tersebut masih relatif stabil dengan kondisi yang terbilang prima. Lakukan pengecekan mesin, ban, kondisi kelistrikan dan kestabilan mobil. Jika Anda kurang memahaminya, maka Anda dapat menggunakan jasa bengkel untuk memastikan mobil sewaan dalam kondisi baik.

  • Contact Person

Jangan lupa untuk meminta nomor telepon perusahaan rental mobil yang Anda pilih. Mintalah nomor telepon yang dapat dihubungi setiap saat. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan di jalan yang berkaitan dengan mobil tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *